Sabtu, 15 September 2012

manfaat teh

Teh memang identik dengan kesehatan. Kebiasaan meneguk secangkir teh juga efektif untuk mengurangi stres, mencegah hipertensi, hingga menekan risiko penyakit jantung. Ada berbagai macam teh di dunia, tetapi secara umum ada empat jenis teh yang khasiatnya tak boleh diremehkan.

1. Darjeeling

Teh yang disebut-sebut sebagai teh terbaik di dunia ini dipetik dari tanaman teh yang tumbuh di pegunungan Himalaya wilayah Darjeeling di India.

Baru-baru ini penelitian menemukan manfaat teh untuk menghambat pertumbuhan patogen H.pylori yang bisa menyebabkan sakit radang lambung, tukak lambung, hingga kanker usus. Dan, di antara teh tersebut ternyata teh Darjeeling langsung memberikan efek positif selang lima menit setelah diminum. Untuk mengoptimalkan efeknya, hindari mengonsumsi teh yang dicampur susu.

2. Teh Oolong
Disebut juga sebagai teh semi-fermentasi. Variasi teh oolong sangat luas, dari yang ringan dan manis, sampai teh yang lebih kental dan pahit.

Menurut penelitian terhadap lebih dari 1.500 subyek, mereka yang minum dua setengah cangkir teh oolong atau teh hijau setiap hari, risikonya terkena tekanan darah tinggi 46 persen lebih rendah. Oolong dan teh hijau kaya akan antioksidan yang efektif untuk mengontrol enzim pemicu peningkatan tekanan darah.

3. Teh Hitam

Ketika daun-daun teh dibiarkan terfermentasi sampai utuh, mereka akan berubah menjadi teh hitam, meski sebenarnya warnanya lebih dekat ke merah.

Banyak orang yang ingin sehat lebih memilih teh hijau, padahal teh hitam tak kalah antioksidannya. Empat komponen antioksidan dalam teh hitam diketahui mampu melindungi otak dari kerusakan dengan cara spesifik. Tahun lalu peneliti dari Jerman mengungkapkan, teh hitam mampu melindungi proses pembentukan plak di otak yang memicu penyakit Alzheimer.

4. Yerba Mate

Berasal dari daun tanaman yang dianggap suci oleh penduduk asli Amerika Selatan, yerba mate tergolong dalam herbal yang kuat. Untuk mengurangi rasa pahitnya, masukkan daun yerba mate ke dalam air hangat (bukan mendidih).

Penelitian tahun 2011 menunjukkan, yerba mate punya kemampuan merusak sel-sel kanker. Komponen di dalam teh, termasuk kafein, mampu merusak DNA sel kanker.

sumber@kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar